Bandung Parahyangan

Ini pas lagi selesai uas 30 Oktober tancap ke Bandung, setelah beberapa hari sebelumnya diundur-undur terus dan akhirnyaa kesampaian dateng Bandung lagi. 7jam naik kereta dari purwokerto ke bandung dengan harga tiket 45rb saja. Kereta ekonomi, samping dan kursi depan yang diisi segerobolan ibu-ibu hebring mempermasalahkan tempat duduk. Rame si, dari pada gak ada hiburan di kereta, ye kan? haha. Ya modal nekat juga si ke Bandung, bawa duit yang pas-pas-an aja, di Bandung nginep juga dirumah temen di Antapani, pagi harinya langsung jalan ke Trans Studio, ya iseng-iseng masuk sana bayarnya gak begitu mahal. Dari jam 10 sampe jam 6 sore di Trans Studio, cukup puas karena gak perlu antri panjang pas weekdays guys! . Malem harinya, diculik nih buat wisata kuliner! salah banget emang kalo ke Bandung gak diperhitungkan, ya gitu melayang deh melayang duit~. Cobain Matari, cuma roti bakar biasa, malahan rotinya kayak gak dibakar! cuma dikasih keju atau cokelat atau apa aja deh pilihan menunya ditaroh diatasnya, trs abis itu dimakan. Berhubung lagi gak pengen roti, akhirnya pesen bakso, biasa aja, biasa banget deh emang. Tapi kenyang ya dikenyangkenyangin :) . Dihari berikutnya, going to kawah putih. Penasaran si emang sama tempat ini, gak menyesal lah dateng ke kawah putih dari antapani ke ciwideuy 2jam dan naik motor. Suasana Bandung yang kalo siang puansnyaaaaaaaaaaa, tapi pas sampe di ciwideuy panasnya sedikit ilang karena kita berada di dataran tinggi, pemandangan kanan kiri yang bisa buat manjain mata dengan yang hijau-hijau. Tanaman stroberi disamping kanan kiri jalan, bisa petik sendiri pula!. Sampai di kawah putih, kita musti beli tiket masuk dan tiket angkutan, total per orang 30rb-an deh, mahal atau murah? jawab sendiri deh. Beberapa menit kita nungguin orang yang mau ke kawah putih juga, kita duduk tuh deket loket ada kursi panjang, lumayan meregangkan otot yang kaku selama diperjalanan. Eh, kemudian abang supir manggil kita buat duduk di angkutan, udara sejuk plus dingin mulai merasukkk...yeaaah merasuukkk menusuk tulang. Lumayan jauh juga ternyata dari loket ke kawahnya, pantes aja kita musti naik angkutan, soalnya cuaca di daratan tinggi itu pasti lebih cepet turun ujanya. Kawah Putih !!!!!!!! Epic !!!! untung gak terlalu rame pengungjungnya, puas nikmatin kawah putih, kita gak bisa meninggalkan moment tanpa foto ! kata orang kalo no pic ya berarti hoax! gitu sihh~

Nextday kita jalan lagi menuju cartil dan moko! itu beneran bikin takjub dan terpana!! pemandangan Bandung di malam hari indah banget ! kalo Jogja masih bagus Bandung sih, Bandung lebih luas. Perjalanan dari Antapani ke Moko sekitar 1jam, pergi jam 8 tapi mampir dl di bebek garang braga, enak endes itu bebek! Pedesnya hothotpop lah. Abis selesai makan, kita muter-muter Bandung dulu deh, udah ngerasa cukup, akhirnya kita ngelanjutin perjalanan ke Cartil. Jalanan yang masih bebatuan, rusak, kanan kiri itu kaya lahan kosong yang isinya rumput-rumput liar. Nakutin juga siih kesana, abisnya sepi dan minim penerangan. Naik motor malem", dingin, liat belakang gak ada apa". Untung ngebonceng, jadi bisa tutup mata tanpa menghiraukan yg lagi berjuang bawa motor sampe ke atas, hahaha. maap yah kamu :P. Sampe juga deh di Cartil, tapi cuma sebentar aja disana, kurang puas liat lautan lampunya, kurang tinggi !. Melanjutkan lagi perjalanan, kita diselimuti hawa dingin. Padahal udah pake jaket, pas hampir sampe di moko kita ketemu anak-anak motor yang beriringan mau ke moko juga. Alhasil kita ngikut deh di belakangnya, takut nyasar juga. Soalny ada 2 jalan menuju ke moko. Jalan di Moko sama aja, rusak, batu dan berpasir dan ekstrimnya lagi, jalannya bener-bener miring!! Ati-ati deh yang mau kesana. Gak lama kita sampai di Moko, Subhanallah! KEREN! *katrok*barupertama* haha.

Bagus kan pemandanganya, malem aja tangkuban perahunya keliatan, apalagi pagi. Duduk karena kaku sama hawa dinginnnnnnya ! udah pake jaket sm sepatu juga masih dingin. Demi ngeliat sunrise, kita di moko sampe pagi deh, demi ini demi. Untung warung kecil yang ada di Moko enggak tutup, jadi kita bisa deh numpang istirahat disitu sambil ngeteh anget. Merem cuma 1jam, ngeliat jam udh jam 4lebih pagi hari. Walaupun matahari pagi gak nongol langsung, seenggaknya, pemandangan pagi itu gak mengecewakan.

Pagi Bandung yang berselimutkan kabut !
Puas ngeliat Bandung di pagi hari, langung deh kita cabut pulang. Jalan pulang pun ekstrim. Tangan kaki semua fokus ke rem. Jalan curam men!!. 1jam di jalan rasanya ngantuk berat, sampe di antapani teler ampe jm3 siang, tidur balas dendam ceritanya. Keesokan harinya, empat orang anak jalan-jalan di Bandung lagi, ceritanya diajakin nge-MALL di Bandung, katanya biar GAUL. Mall juga gitu-gitu aja isinya, tapi dicekokin buat kuliner lagi. Karena dapet pelayanan buruk di tempat makan mall tersebut, langsung deh kita cabut dari kedai ES TELER77. Masa iya gegara kita cuma pesen es telernya aja dilupain sama pelayannya, kecewa deh disitu, udah lama nunggu malah enggak dilayanin. siaal deh tu yah~ . Cabutttttttttt langsung makan dirumah makan biasa pinggir jalan, lupa nama tempat makanya apa, yang jelas porsi banyak harga murah \o/ jarang banget ada tempat makan murah di Bandung. Setelah kenyang, kita menuju DAGO! cuma ngilangin rasa penasaran aja tuh sama tulisan DAGO, hahahahahaha. Udah puas ambil gambar, cabut lagi. Cabut ke Braga, bangunan kuno yang masih dipake, jalan rayanya yang beda bukan aspal, gak percaya? dateng aja langsung. Udah ngerasa capek kita semua balik antapani tapinyaaaa, udah capek jadi waktunya istirahat. Sore hari qualitytime nih ceritanya sama temen cewek, sebelum balik ke kota asal, diajakin nih kuliner sama si cewek, namanya Sheila. Dari antapani menuju ke atas, sorabi enhayyyyyyyyy. Sorabinya bikin kenyang sih, seporsi dari harga 7500 sampe belasan ribu. Tempatnya enak buat nongkrong. Tapi sebelum kita makan sorabi anget, kita makanes durian dulu, enak banget es durenya, seporsi 12rb. Setelah ngerasa bosen di enhay, turun lagi ke Bandung kotaaaa.... nah gak sengaja liat NASI KALONG. Karena gak mau membuang waktu, langsung parkirin motor dannnnnnnnnn antri buat ambil nasi+lauk. Nasinya warna ungu loh guys, enak... pas udh ambil selesai ambil nasi, lauk, teh anget, kerupuk, ditotal dah tuh abisnya 31rb/orang. Kaget sebenernya, ambilnya gak seberapa tapi abisnya segituan, tau gitu ambil banyak ! hahaha. Emang dasar perut karet. Makan nasi kalong sampe piring bersih. Kenyang..............balik antapani dan keesokanya balik purwokerto.