JOGJAKARTA


2014 ini diawali perjalanan ke jogja, meskipun bisa dibilang sering mengunjungi kota gudeg tersebut, tapi nggak menjamin seseorang bisa langsung hafal sama jalan dikota ini. Ya contohnya aku ini, perjalanan semula berasal dari ajakan seorang teman yang pengen banget dateng ke jogja dan kebetulan lagi libur kerja, dia sendiri yang menyanggupi untuk menanggung semua biaya pada saat berangkat hingga pulang dari purwokerto sampai jogja. Belum sempet jawab iya yang ada udah dibeliin tiket KA pp. Mau nggak mau ya mengiyakan. Hari sabtu jam 06.00 wib kita berangkat dari stasiun purwokerto menuju stasiun lempuyangan, jarak yang ditempuh hanya membutuhkan waktu 3jam. Pukul 09.00 kita sampai di jogja, untuk memudahkan aktitifas dijogja, aku nyaranin temenku buat sewa motor, kebetulan di jogja aku punya temen yang buka usaha tour and travel, setelah calling-calling, ketemuan dan deal motor udah siap di stasiun lempuyangan dan siap dipake, setelah itu kita menuju D’Paragon kost ekslusif, yang dimana tarif perkamarnya murah untuk para pejalan, fasilitas yang disediakan juga sepadan sama harga guys! *cek yogyes.com*
Kita berdua ini gak bawa peta, gak pake map di smartphone, tapi cuma mengandalkan “tanya sama orang” ada pepatah mengatakan malu bertanya sesat dijalan. Nah tapi sayangnya udah nanya tetep aja tersesat!. Kebetulan kita dapet kost D’Paragon di daerah congcat atau D’Paragon flamboyan deket kampus uny dan ugm. Karena kita masih nyasar-nyasar alhasil kita ada dua jam dijalanan. Tapi sedikit lupa-lupa inget, jalan ke D’Paragon itu deket sama kosan temen yang ada disana, dan alhasil teka-teki jalan menuju flamboyanpun terpecahkan. Sampailah kita di kost dan langsung nyari si penjaga, setelah administrasi selesai kita langsung menuju kamar untuk merebahkan badan yang udah nggak karuan lagi rasanya. Kita memutuskan untuk istrirahat sejenak dan mandi kemudian kita sepakat melanjutkan perjalanan pada pukul 15.00 wib.
Sore itu jogja mendung, sebelum hujan turun kita langsung cabut ke ambarukmo plaza pake motor sewaan tadi dan untungnya aja kita enggak nyasar lagi, masuk amplaz bikin adem makanya kita milih buat masuk ke amplas karena waktu itu rasanya gerah banget meskipun udah mandi. Dari lantai satu sampe lantai paling atas udah kita masukin, tapi tangan tetep aja kosong yang tandanya belum nemuin barang yang pas disana. Aku sempet ngajakin temenku buat muterin toko-toko yang ada di amplaz lagi “yuk, abis selesai makan kita muter-muter lagi sampe dapet, abis itu kita langsung ke malioboro, gimana?”, gayungpun bersambut “oke, bolehlah nanti kita ke malioboro langsung yah mau beli oleh-oleh nih”, tanpa ulur waktu kita kembali menyusuri toko dan hap! Dapet deh barang yang di cari. Setelah selesai jalan-jalan di amplaz kita menjatuhkan pilihan pada Malioboro, tapi sayang hujan turun begitu derasnya dan memaksa kita untuk tetap ada di amplaz, perut yang sudah keroncongan membuat kita masuk ke dalam pizzahut, tanpa pikir panjang dan banyak menimbang langsung aja pilih-pilih menu, 15 menit kita nungguin makanan yang kita pesen hujan juga belum kunjung reda.
Dua jam kita ada di amplas dan akhirnya hujanpun reda. Begitu hujan reda kita langsung keluar ambil motor dan gak lupa juga nanya ke tukang parkir arah malioboro, ternyata arahnya gampang dan inget lagi arah menuju malioboro. Jalanan malioboro sabtu itu padat merayap, banyak plat-plat luar kota melintas di malioboro dan terjadilah sebuah kemacetan, mungkin sekarang udah gak asing lagi kalau jogja hampir mirip jakarta di akhir pekan. “Mas kita mau parkir dimana?penuh nih kayaknya”tanyaku, “kita parkir sebelah situ aja, ada tuh yang kosong”jawab si mas. Setelah selesai parkir, kita bergerak ke sebrang jalan, ternyata si mas ini diem-diem ambil fotoku, cielaaaa berasa apa ye..haha. Saking macetnya di jalan malioboro kita agak kewalahan soalnya ada beberapa pengendara motor yang gak sabar buat lewat, padahal berbahaya banget ya guys!.


Dipinggir jalan banyak andong *keretakuda* dan becak, banyak juga yang nawarin buat naik becak ataupun andong, “mari becaknya mba, atau andongnya”tawaran si tukang becak dan andong, “mboten pak” yang artinya “enggak pak”kataku. Mboten itu bahasa halusnya untuk menolak ajakan atau tawaran seseorang dan gak lupa senyum ya, hehe. Masuk dikawasan malioboro disepanjang trotoar banyak pedagang baju batik, aksesoris, sendal yang nuansanya jogja bangetttttttttttt! Harga yang ditawarkan juga beragam, pinter-pinternya kalian aja yah buat nego sama si penjual. Kalo kalian pinter bisa dapet murah tuh. Sama halnya kaya yang aku lakuin, nego gak begitu alot sih, dapet 3 baju cuma 75rb.

Selesai berbelanja kita memutuskan untuk pulang ke kos dan gak lupa ambil gambar dulu dengan suasana malioboro yang ramai, ngerasa badan udah capek dan besok harus pulang 14.30 wib. Kita menuju parkiran dan kejadian sial dimulai. Kenapa? Karena kita berdua gak tau jalan pulaaaaaaaaaaaaaaaaaang! Ah tidaaaak! Kita udah lewatin malioboro 5kali lebih! Tapi tetep aja baliknya tenpat itu lagi “gimana nih mas, kita daritadi gak nemuin jalan pulang, badan udah capek banget, mana ngantuk lagi!”tanyaku dengan mimik muka memelas dan hampir nangis, “sabar dulu, aku juga gatau daritadi kita udah tanya orang tapi tetep aja lewat sini lagi, yauda kita lewat lagi aja ya, sabar”kata si mas yang berusaha menenangkan.
“Stop, ikut saya ke pos” kata seorang bapak yang menggunakan atribut polantas. Seketika kuncimotor diambil dan motor didorong sampai pos, untung posnya gak jauh. Aku sama temenku yang gak tau apa-apa cuma bisa bertatapan dan jalan ke pos. “gimana pak?kok kita ditilang”tanya si mas. “tadi kalian gak liat lampu merah?main nerobos aja, bisa tunjukkin surat-suratnya?”jelas si bapak yang sambil ngecek kelengkapan surart-surat. “mana ada lampu merah pak? Gak ada kok pak, tadi kita ngkutin mobil-mobil yang didepan kita”penjelasanku ke si bapak. Bapak yang masih ngecek suratnya tiba-tiba bilang “kalian disini kena pasal, lampu lalulintas dan stnk yang mati, kalian mau sidang atau gimana?kalau sidang motor saya sita”. Itu udah termasuk kode sih menurutku, yah mau nggak mau kita nego sama si bapak yang awalnya minta Rp150.000, kita kaget lah, gila aja duit segitu juga buat bayar sewa motor, “pak, limapuluh aja gimana pak,kita mahasiswa nih gak bawa uang banyak, daritadi kita mau pulang ke congcat aja gak sampe-sampe pak, lewatin malioboro udah ada lima kali lebih, lewat mana ini pak kalo mau ke congcat?”aku yang udah sedikit naik darah gara-gara si bapak akhirnya gak jadi, si bapak minta seratusribu dan motor dibebaskan. Deal harga segitu si mas ngasih duit seperti yang bapak minta. Setelah kelar semua dan si bapak menunjukkan arah, terus kunci dan surat-surat dikembaliin dan kita berdua langsung kabur dari pos jahanam itu *eh.
Sepanjang jalan yang aku lakuin cuma nyesel dan minta maav, “mas maavin aku ya, gara-gara aku kita kena tilang, padahal duitnya bisa buat bayar sewa motor” mimik sedih *bayangin sendiri ya* hehe. Mas yang dengan santainya cuma berusaha nenangin aku “udah, yang udah ya udah, aku juga gatau tadi bakal kayagitu, udah ya habis ini sampe kos mandi langsung tidur”. Aku yang udah keburu capek dan lemes gara-gara si bapak sialan itu cuma bisa diem di motor, udah gak mood lagi. 20menit kemudian kita sampai dicongcat, menuju kosan dan langsung cek surat-surat, “mas buka bagasi dong, aku mau liat stnknya”, bagasi dibukan dan cepet-cepet liat stnk dan apa yang terjadi?????????? “what the hell!” stnk yang kata si bapak udah habis masa berlakunya, ternyata masih panjang sampe maret 2014. Kurangajar banget si bapak polantas itu, aaaaaaaaaarrrggghhhhhh! Makin kesulut emosi aja, tapi gara-gara si mas akhirnya gak jadi kesel. Mandi-mandi, nonton tv dan langsung tidur, tanpa ada obrolan panjang kita berdua tertidur saking capepknya hari ini.
Hari kedua sekaligus hari terakhir di jogja, ah sedih rasanya setiap kali meninggalkan kota ini. Kita berdua memutuskan untuk mengunjungi tamansari, sebelumnya kita check-out dan menuju tamansari, dengan perut keroncongan pastinya kita gak akan ngebiarin perut ini kelaperan dong, sambil menuju taman sari kita mampir dulu di wijilan sentra gudeg jogja, harga di wijilan udah dipatok dan menurutku mahal. Enakan gudeng deket XXI sayang banget bukanya cuma malem hari. Mengisi perut hingga kenyang, kita langsung ke tamansari yang gak jauh dari wijilan. Bayar tiket masuk sembilan ribu buat dua orang, dengan harga tiket yang murah kita bisa puas jalan-jalan di tamansari. Tamansari ini dulu pernah jadi tempat singgah raja jogja *yangpenasaran bisa langsung cek google* hehe. Gerbang masuk yang megah dan kokoh masih indah untuk dipandang, untung hari itu cerah dan gak keliatan satupun awan mendung yang muncul. Berjalan-jalan ditamansari yang tempatnya menyatu sama pemukiman penduduk, penduduk jogja yang terkenal ramah juga ditunjukkin sama guide tamansari, dia mau bantu kita pas kita “tersesat” di tamansari. Si bapak ini mau anterin kita menuju lorong yang kita cari, akhirnya ketemu juga. Gak ketinggalan kita ambil foto disekitar tamansari yang elok ini.


Lelah berjalan kita istirahat sejenak, meregangkan otot-otot yang kaku. “ah ini jalan-jalan dihari terakhir kita nih, cepet banget ya rasanya”ujar si mas, “iya bener, abis ini kita langsung ke stasiun lempuyangan, aku udah hafal kok buat kesana, hahha semoga kita gak nyasar lagi deh ya, nanti motor diambil sebelum kita masuk stasiun”, “baiklah”. Dirasa cukup untuk istirahatnya, kita langsung menuju keluar dan sempat tersesat juga buat keluar, untung ketemu sibapak guide ini lagi, kita samperin si bapak deh “bapak, jalan keluar lewat mana yah? Tadi kita lewat situ ternyata buntu”tanyaku. “oh salah mba kalau lewat sana, ini jalanya mbak sama mas ikuti saya saja kebetulan saya juga mau keluar, mari” ajaki si bapak yang ternyata mau keluar juga buat cari tamu lagi. Ternyata si bapak guide ini juga habis bawa tamu yang asalnya dari purwokerto, sama kaya kita yang dateng dari purwokerto. Gak berapa lama kita udah sampai di jalan keluar dan gak sempet buat nanya nama si bapak, kita cuma sempet ucapin makasih pas kita pisah sama si bapak, bapaknya baik dan ramah. Dari tamansari kita menuju lempuyangan dan siap untuk pulang.

Motor juga udah mau diambil sama empunya motor, dan ternyata kita dikasih “gratis” ini gara-gara kejadian semalem di malioboro itu, petaka bawa berkah namanya, kita gak perlu bayar sewa motor. Ternyata ada dikota orang itu susah ya, susah hafal jalan meskipun udah sering kesana, huft. Kejadian ini kalau dipikir-pikir lucu juga sih, dari nyasar, ditipu si polantas, tanya tukang parkir yang ternyata gak tau jogja, sampe akhirnya free sewa motor. Terimakasih jogja untuk keindahan, kenyamanan, dan keramahannya, semoga jogja tetap nyaman bagi siapapun yang datang J

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat Nongkrong Asik di Bali

Menikmati Pesona Teluk Ijo

[review] Innisfree